Jumat, 27 Januari 2012

Banyak Tugas, Bikin Galau!


    GALAU. Entah sejak kapan, kata berjenis lima huruf itu, datang menghias ke dalam kamus kehidupan kita sehari-hari. Yap, saat ini, banyak sekali masyarakat awam khususnya para pelajar ataupun para anak ABG mempergunakan kata tersebut. Pokoknya, dalam sehari, ngomongnya galau, galau, dan galau terus! Seolah nggak ada habisnya. Namun, satu hal nih, yang patut dipertanyakan buat para pelajar yang sering mengucapkan kata galau nih, Sebenarnya, galau itu, apa, sih? Hal apa sajakah yang menyebabkan mereka bisa mengalami rasa kegalauan, ya? Dan terakhir, hal apa yang biasa mereka lakukan saat galau?

     Menurut catatan dari beberapa sumber, galau itu adalah sebuah perasaan bimbang atau bingung dan tidak menentu karena suatu hal. Bisa juga diartikan, galau itu adalah sebuah keadaan dimana kita tidak bisa mengambil sebuah keputusan yang tepat di karenakan pikiran kita yang sedang kacau. Disini, terdapat dua perbedaan, tetapi kesimpulan sesungguhnya adalah, galau adalah keadaan seseorang yang merasa bimbang dan bingung. Dan hal-hal yang biasa mempengaruhi seorang pelajar merasa galau itu adalah, biasanya, karena faktor broken heart (putus dari kekasih), tugas sekolah yang menumpuk, atau tidak bisa me-manage waktu dengan baik. Namun, diantara ketiga itu, pilihan kedua adalah pilihannya! Tugas sekolah yang banyak dan menumpuk, yang musti dikumpulkan cepat-cepat, membuat sebagian seorang pelajar merasa bingung atau galau. Nah, kalau sudah begini, Bagaimana cara mereka mengatasinya, ya? Berikut akan dijelaskan oleh siswa-siswi SMP Vidatra yang sering merasa galau saat tugas sekolah menumpuk.

    Respon pertama datang dari siswi kelas V II D, Dinda Lestari. Gadis berparas cantik ini mengaku, sangat sering merasa galau. “Iya. Aku sering banget merasa galau. Biasanya, karena faktor tugas yang menumpuk dan deadline dari guru yang begitu cepat,” ucap gadis kelahiran 12 November 1998. Biasanya, kalau sudah galau, hal apa yang biasa kamu lakukan? “Kalau aku, dengerin musik, tidur, sama nangis-nangis nggak jelas. Soalnya, bingung hal apa yang mau lakukan. Hehe,” tutup si penyuka Bruno Mars ini. Masih dalam satu kelas yang sama, Ada Audiah Mazzarina yang akan mengeluarkan pendapatnya. Gadis penyuka warna pelangi ini mengaku, sering sekali merasa galau di karenakan tugas yang banyak dan musti dikumpulin cepat-cepat. “Iya. Bete dan galau abis, kalau sudah banyak tugas, tugasnya banyak sama susah banget, dan harus dikumpulin besok paginya. Wuhuii...kalau sudah gituh, rasanya mau pingsan di tempat, deh,” kata salah satu Anggota PMR ini. Kalau sudah galau, Bagaimana cara kamu mengatasinya? “Biasanya aku diam, melamun kayak patung, atau nggak dengerin musik yang berbau rock dan jazz biar rasa galauku bisa cepat hilang,” tukasnya. Bergeser ke kelas V II C, Giliran Kevin Tiurma Dame Simanjuntak yang akan mengeluarkan pendapatnya. Kata Kevin, panggilannya, hampir setiap hari dirinya merasa galau. Penyebabnya, sama saja seperti lainnya, karena banyak tugas. “Yap! Bener banget. Kalau tugas sudah banyak banget, musti dikumpulin cepet-cepet, udah deh, galaunya mulai datang. Rasanya, tuh, bete banget dan emosi itu rasanya meninggi banget tapi, bingung musti berbuat apa,” kata salah satu Anggota teater ini. Kalau sudah galau, biasanya kamu ngapain? “Biasanya sih, aku diam, nulis kata-kata nggak jelas, sama dengerin music-musik galau. Haha,” tutup salah satu penyuka nasi goreng ini

    Pendapat terakhir datang dari kelas V III E, Ashlihli Az Zahra. Dirinya, walaupun tak terlalu sering merasa galau, tapi, setidaknya, dirinya pernah merasa galau. “Iya. Aku pernah merasa galau. Yah, biasa. Karena banyak tugas dari guru-guru dan musti dikumpulin cepet. Pengennya sih, nggak usah kerjain semuanya, tapi, kalau nggak kerjain semuanya, entar nggak dapat nilai lagi,” kata salah satu penggemar Film Harry Potter ini. Terakhir, Bagaimana kamu mengatasi masalah kegalauanmu itu? “Biasanya sih, kalau sudah pusing, stres, sama galau banget itu, aku makan yang banyak, minum yang banyak, pokoknya, mengenyakkan diri agar terbebas dari galau,” tandasnya (Fatimah Aulia Rahma/ tugas BP)

   






Tidak ada komentar:

Posting Komentar