Jumat, 26 Agustus 2011

Jika Aku Menjadi Duta Pencegah AIDS...




       Namaku Fatimah Aulia Rahma. Udah tahu, kan? Anak SMP kelas 7 (Hoho...Nggak penting banget, ya?). Nah, langsung to the point aja, disini aku akan memberitahu sesuatu hal yang tentang virus mematikan yang menggelora di dunia dan saat ini penyakitnya masih menajdi misteri dan belum ditemukan obatnya dalam dunia kedokteran. Sebelumnya, aku tanya. Pernah dengan Virus HIV? Penyakit AIDS? Atau, HIV/ AIDS? (Aaah...sama saja!). Pasti, udah pernah denger semua, dong!! Yang belum pernah denger...(duuh...masa sih, nggak tawu?? Kelewatan bangeeet..!) oke! Akan aku jelaskan. AIDS atau kepanjangannya  Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome adalah sekumpulan gejala (sindrom) yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat virus HIV. HIV (Human    Immunodeficiency Virus ) adalah virus yang memperlemah kekebalan tubuh manusia. Orang yang terkena virus ini akan menjadi rentan terkena infeksi opurtunistik ataupun mudah terkena tumor. Meskipun penanganan yang telah ada dapat memperlambat laju perkembangan virus, namun penyakit ini sebenarnya belum benar-benar bisa disembuhkan. HIV itu sendiri terdapat dalam beberapa cairan dalam tubuh:
 1. Darah
2. Air mani 
3. Cairan vagina
4. Air susu ibu
HIV itu sendiri menular dengan cara:
1. menggunakan jarum suntik bebas orang yang positif terkena HIV
2. menerima tranfuse darah dari orang yang positif terkena HIV
3. bersenggama dengan membiarkan darah, air mani, atau cairan vagina dari orang HIV postif masuk ke aliran darah orang yang belum terinfeksi HIV (yaitu senggama dilakukan tanpa penggunaan kondom, atau dll)
     Para ilmuwan umumnya berpendapat bahwa AIDS itu berasal dari Afrika Sub-Hara. Kini AIDS telah menjadi wabah penyakit mematikan dalam konferensi dunia. Jumlah Penderita AIDS (tingkat etrparah dari Virus HIV) kini telah bertambah pesat di seluruh penjuru dunia. Pada Januari 2006 silam, UNAIDS bekerjasama dengan WHO memperkirakan bahwa AIDS telah menyebabkan kematian lebih dari 25 juta orang di seluruh penjuru dunia sejak pertama kali diakui pada tanggal 5 Juni 1981. Saat ini, pengobatan Penyakit AIDS dilakukan dengan perawatan antiretrovirus( sejenis pemberian pil) guna untuk memperlambat perkembangan virus HIV yang ada dalam tubuh. Tetapi, sayangnya Perawatan Antiretrovirus tersebut masih belum tersedia di semua negara.
     Menurut pandanganku sebagai anak kelas 7 SMP yang masih rada ingusan kita harus waspada dan berhati-hati dengan Penyakit AIDS ini sendiri. Kita tidak boleh mengucilkan ODHA(Orang Dengan HIV/ AIDS), kita harus mencegah penyakit ini ke masyarakat luas, dan memberitahu kepada mereka semua tentang berbahayanya penyakit ini sendiri. AIDS adalah tingkat terparah dari HIV. HIV, sebuah virus mematikan yang telah melenyapkan berjuta-juta orang yang ada di seluruh dunia. Jangan pernah kucilkan orang penderita AIDS, jangan pernah menghina orang tersebut, dan berusaha untuk emnguatkannya agar selalu kuat untuk menjalani hidup di dunia ini. Mereka semua itu nggak salah! Jangan salahkan mereka, Jangan pernah mengejek mereka dengan kata-kata yang panas, sesungguhnya ejekan kalian hanya dapat memperlemah orang tersebut. Selalu memberi support kepada mereka semua, Para ODHA yang tak bersalah. Untuk keluarga yang salah satu anggota keluarganya Penderita AIDS, selalu hibur dan jangan pernah dicecar atau direndahkan! Buat mereka bahagia, enjoy, dan tenang menjalani kehidupan. Buat mereka menjadi lebih semangat dan kuat...

     Aku memang bukan anggota PMR di sekolahku. Tetapi, aku bercita-cita menjadi seorang Duta Pencegah HIV/ AIDS. Aku ingin bertemu dengan ODHA yang ada di seluruh dunia untuk menguatkan hati mereka dan bercerita tentang pengalaman menarikku untuk mereka semua. Aku ingin mencegah virus ini ke masyarat luas aku akan memberitahu berbahayanya virus HIV ini aku akan katakan kepada para pecandu narkoba bahwa apa yang mereka lakukan adalah tindakan bodoh! Dan aku juga akan menolong Para ODHA yang tidak mempunyai uang lebih untuk mendapatkan Perawatan Antiretrovirus! 

      Ayo, Remaja Indonesia! Bebaskan dunia dari virus HIV! Buka mulutmu dan katakan pada orang yang ada di seluruh penjuru dunia...NO AIDS! Ayo, jauhakn bangsa dan negaramu dari virus HIV! Budidayankan hidup sehat dan berperilaku seks yang sehat. LET'S CHANGE FOR THE BITTER!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar