Minggu, 07 Agustus 2011

Tonight's Gonna Be A Good Night

Tonight’s the night night
Let’s live it up
I got my money
Let’s spend it up
     Huooh...! Rasa senang dan bahagia menghampiri kami setelah melaksanakan hari terakhir Ujian Nasional Tingkat Sekolah Dasar. Hooh...Rasa penat, capek, dan lelah hilang seketika! Kami bersuka ria, hura-hura, dan berteriak sekencang-kencangnya usai ujian terakhir itu. Kami keluar kelas sambil bergandengan tangan, berteriak, dan tertawa-tawa heboh. Memang sih, kami belum tahu hasilnya dan akan lulus atau tidak. Tapi, kami yakin, Tingkat Sekolah Dasar pasti lulus dan tidak ada yang tidak lulus! Kami yakin, nilai kami semua pasti bakalan bagus, Soalnya, Soal-soal yang keluar cukup mudah dan pernah dipelajari selama kita sekolah. Huuh...! Tinggal persiapan perpisahan dan menunggu hasilnya, nih! Deg-degan, sih! Takut, Kalau nilainya tidak seperti yang kita tafsirkan. Tapi, be enjoyed aja, selama menunggu hasil!
     Tanggal 17 Juni 2010, adalah Pengumuman Kelulusan sekaligus acara perpisahan. Kami siswa kelas 6, datang pagi pukul tujuh sementara beberapa adik kelas kita yang ikut mengisi acara datang pukul setengah delapan. Nggak tau kenapa dari pagi tadi datang, Aku melihat beberapa guruku seperti berbisik-bisik kecil ketika aku lewat dihadapan mereka. Mereka berbisik-bisik sambil menggeleng-gelengkan kepala ketika aku berjalan sambil mengucapkan salam dihadapan mereka. Awalnya sih, Aku ngerasa nggak peduli dan ngerasa bukan aku yang dibicarain, tapi, aku lihat makin banyak guru-guruku yang memperbincangkan aku. Beberapa teman sekolahku yang sepertinya diberitahu oleh guru-guruku memperbincangkanku juga. Lama-lama, aku ngerasa il-feel dan gelisah, gitu. Hatiku seolah nggak bisa enjoy dan tenang. Selama acara perpisahan ( Pengumuman kelulusan akan dilaksanakan setelah acara ini ), aku hanya diam, tidak bercengkerama sama sekali dengan teman-temanku, Masih bingung kenapa aku diperbincangkan seperti itu. Beberapa teman dekatku, Tasya dan Zahra, Bingung ngeliat aku daritadi hanya diam. Jika mereka bertanya kenapa aku diam tak seperti biasanya, selalu ceria, Aku menjawab aku lagi ingin saja melihat atraksi-atraksi para siswa dan siswi yang bagus dan memukau. Aku tahu aku bohong dan bohong itu dosa. Tapi, aku nggak ingin memberitahu mereka dan bikin pusing mereka, Mendingan biar aku saja yang memendam kebingungan itu.
     Selesai acara pementasan, Tibalah Pengumuman Kelulusan. Ternyata, 100% siswa SD VIDATRA, Bontang, Kalimantan Timur, lulus! Aku sih, senang tapi nggak berlebihan seperti beberapa teman-temanku yang terlalu ber-ekspresif, Meng-ekspresikan kelulusannya! Aku sih, biasa aja ngelihat mereka heboh gitu, Menurutku semua orang bebas ber-ekspresi. Jadi, biarin aja, deh! “Baik, Hari ini SD VIDATRA, Juga memiliki kabar bahagia dan menggembirakan! Salah satu murid di sekolah ini, Menjadi Peraih Nilai Ujian Nasional Tertinggi, Se-Bontang, Mengalahkan beratus-ratus anak dari Sekolah Dasar yang ada di Kota Bontang ini. Siapakah dia?” Suara Kepala Sekolah di mick yang terdengar keras membuat beberapa siswa dan siswi sedikit kaget. Anak-anak pada berdoa dalam hati, Siapa tahu mereka yang dibilang oleh Pak Kepala Sekolah. Aku ikut berdoa, menundukkan kepala. Walau belum seratus persennya, tapi, hatiku seolah menguatkan diriku bahwa aku adalah orangnya. Aku setengah yakin disitu. Aku hanya murid biasa, tidak pernah meraih prestasi, Apakah bisa menjadi Peraih Nilai UN tertinggi? Se-Bontang? Rasanya seperti mengkhayal. Tapi, Tiba-tiba, Kepala Sekolah berbicara lagi di mick, lalu..” Dia adalah...Salsa Aulia Zahrani dari kelas 6 E...!!!” Aku terlonjak. Namaku dipanggil. Please, Ini bukan mimpi, kan? Bukan mimpi, kan? Kalau mimpi, sia-sia deh, berarti! Tapi, aku tampar pipiku yang kiri, sakit. Berarti nyata. “Salsa, Selamat ya!” kata Erika, teman sekelasku sambil menyalami tanganku. Aku kaget. Teman-teman maupun guru-guruku pada memandangku sambil tersenyum ceria. Aku benar-benar nggak nyangka dan shock banget. Kepengen pingsan, tapi nggak kerasa pengen pingsan. Pengen sesak napas, Nggak ada tabung oksigen. Pengen menjatuhkan diri dilantai, nggak mau dengan alasan, Pantatku entar sakit! Jadi, aku memilih berdiri. “Salsa, Ayo maju ke depan!” kata Pak Kepala Sekolah yang suaranya terdengar keras di megafon. Aku mengangguk. Aku masih berpikir, Aku anak kelas 6 E. 6 E itu kelas biasa, bukan kelas pintar. Duuh..Kayak ngerasa mimpi tapi nyata! Aaah...bingung! Coba, Mama masih hidup dan Papa dibolehin datang, Pasti mereka berdua udah pingsan dari tadi! Haha..Di panggung, Aku dipakaian medali emas sebagai Peraih Nilai UN tertinggi Se-Bontang. Kemudian, Aku diberi ijazah dan diberi dua sertifikat sekaligus. Satunya ucapan selamat karena lulus, satunya sebagai Peraih Nilai UN Tertinggi Se-Bontang. Aku turun ke panggung dan melihat nilai-nilaiku. NEM-ku 29. 95. Oh, my gosh, Tinggi bangeet! Teman-temanku yang lain langsung dibagikan izajah mereka. Ya, walaupun nilai mereka tidak setinggi punyaku ( nggak sombong, looh..) tapi, nilai mereka semua bagus-bagus, kok! Aaah...Senangnya, diriku! Terima kasih, Allah swt. Tuhanku yang selalu menemani diriku dan menguatkan hatiku agar selalu yakin atas apa yang sudah ku kerjakan!
Tonight’s Gonna Be A Good Night, Come on, Guys! Come on party with me, my friends, and my family!
    Malam ini, di belakang rumahku akan diadakan sebuah pesta kecil-kecilan tetapi sepertinya akan heboh. Aku mengundang semua teman-teman sekolahku, saudara-saudaraku, dan keluargaku turut kuundang juga! Hehe. Aku berdandan cantik dan super tebal. Aku memakai baju terusan muslim yang berwarna biru tua dan jilbab segiempat berwarna biru tua pula! Aku memakai bedak tabur warna dengan polesan cukup tebal beserta lip gloss pink. Waktu aku keluar, teman-teman memujiku cantik dan manis. Kebanyakan dari mereka, Membawakan diriku kado dengan kertas kado yang lucu-lucu dan imut. Musik kuputar kencang-kencang agar suasana ramai dan heboh. Kami menari bersama dan tertawa bersama. Kami bersorak riuh, menambah suasana kehebohan. Papa dan Mas Aldin, kakakku hanya tersenyum melihat diriku. Mereka mungkin berpikir, bahwa diriku belum pernah sebahagia ini setelah kematian Mamaku yang nyaris saja membuat diriku tidak pernah tertawa. Tapi, malam ini benar-benar indah dan good night! Seperti lagunya Black Eyed Peas, Tonight’s Gonna Be A Good Night, yang cocok buat diriku yang baru saja merayakan kelulusan dan menyandang predikat sebagai Peraih Nilai UN tertinggi Se-Bontang. Dari dulu, aku selalu ngarep dan berkhayal suatu saat bisa menjadi Peraih Nilai UN tertinggi Se-Bontang. Akhirnya, kesampaian juga. Sempat nggak nyangka karena aku hanya murid biasa dan dan masuk di kelas biasa, tidak di kelas cepat, kelasnya anak-anak pintar. Hari ini, aku berjanji akan selalu rajin belajar dan tekun, Agar cita-citaku menjadi seorang antropolog dapat tercapai. Aku tertawa bahagia diantara teman-temanku. Mungkin, ini salah satu caraku meng-ekspresikan kelulusanku dengan nilai yang bagus. So, malam itu aku benar-benar bahagai sekali, Friends! Sangat bahagia dari biasanya! Anugerah Tuhan memang indah sekali! Mama, Coba Mama masih hidup dan ada disini, Pasti Mama sangat senang dan bangga dengan diriku. Mama, Makasih ya, Pasti Mama sering doain aku disana selama aku menjalankan UN. Allah swt. Terima kasih karena Engkau telah mengabulkan doaku dan membuatku menjadi seperti ini. Terima kasih, Kuucapkan kepada semua orang yang pernah baik hati padaku dan setia menemaniku dikala sedih maupun senang. Terima kasih, Thanks a lot. Guys, Come on again to the party! TONIGHT’S GONNA BE A GOOD NIGHT!!!

>>> Pelajaran moral yang dapat kita petik: Jangan remehkan orang yang ada di bawahmu, Karena suatu saat orang itu bisa diatasmu..Selalu semangat dan jangan menyerah, ya..! CAYO! ^_^ >>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar